Kumpulan Blog

 

Event-Event Offroad di Indonesia

Olahraga Offroad adalah suatu aktivitas yang bernilai positif bagi kehidupan. Akhir-akhir ini, bermunculan komunitas olahraga ekstrem di Indonesia. Offroad adalah salah satu olahraga otomotif yang baru seumur jagung tumbuh di Indonesia dibandingkan olahraga jenis otomotif lainnya. Olahraga ini merupakan olahraga otomotif yang menantang. Ada beberapa jenis olahraga offroad yaitu: Dune Bashing, Cross-country, Raid, Greenlaning, dan Mudding. Adapun beberapa event offroad yang akan kita jelaskan disini :

  1. Event Diplomat Challenge of Indonesia (DCI)

Diplomat Challenge of Indonesia (DCI) adalah salah satu lomba paling menonjol di bawah naungan IOF dan PT Cheetah Lintas Alam sebagai event organizer-nya. DCI dianggap offroad terekstrem di Indonesia. Oleh karena itu, Wismilak Diplomat sebagai sponsor, membuat motto “The Real Challenge for the Real Offroader” untuk acara ini.

Menjelajahi medan olahraga ini dan melewati rintangan berat adalah tantangan yang dapat menimbulkan sensasi tersendiri bagi para pecinta olahraga ini. Tak jarang, medan yang berat mengakibatkan kerusakan kendaraan tidak dapat diprediksi. Untuk mengatasi hal ini, setiap kendaraan harus dilengkapi dengan peralatan bantu (recovery kit) yang beraneka ragam.

  1. Event Meratus Expedition (MEX)

MEX, adalah event yang dikelola IOX Adventure Club dengan jarak tempuh 350 kilometer bakal diikuti sebanyak 96 kendaraan peserta yang datang dari berbagai daerah, yang dibagi dalam 21 tim.

Ditambakan oleh Cerry Wibisono salah satu perserta MEX tahun lalu, “MEX itu event offroad yang berat, ini jadi jalur terberat yang pernah saya coba, dari berbagai jenis handicap ada di trek Meratus. Semua teknik mengemudi dan recovery sangat dibutuhkan. Perjalanan di dalam hutan sebanyak 90% dari total rute MEX, dan terputus dari signal telepon hampir 80%. Makanya dijuluki jalur neraka.”

Selain itu penyelengaraan tahun ini terdapat 5 orang peserta dari Malaysia dan Brunai Darussalam dengan kendaraan yang langsung didatangkan dari negara asalnya.

  1. Jogja Internasional Air Show (JIAS)

Ada satu moment menarik buat para sand offroader, yakni menyaksikan Jogja International Air Show 2017. Pangkalan TNI AU sebagai lembaga yang membawahi olahraga dirgantara bersama Dinas DIY menggelar acara ini di berbagai lokasi baik itu di Daerah Istimewa Yogyakarta maupun di Jawa Tengah.

Menurut berbagai sumber, sudah ada lebih dari 50 pendaftar dari berbagai negara untuk ikut andil dalam kegiatan ini. Di area track Gumuk Pasir Offroad yang sudah tidak asing lagi tentunya suguhan akrobatik udara dari Tim Jupiter. Tentunya ada sedikit perbedaan jalur ketika event ini digelar, karena kepadatan pengunjung dan keamanan.

  1. Event Kejurnas Super Adventure Offroad Team Seri 2

Kejurnas Super Adventure Offroad Team Seri 2 digelar di sirkuit Gunung Kendil, Madiun, Jawa Timur yang memiliki ciri khas trek berkontur batuan keras dan didesain dengan banyak handycapyang tricky.

Di SCS-2 dan SCS-9 terutama, handycap-nya cukup menyulitkan karena tanjakannya selain panjang juga terjal sehingga banyak kendaraan yang mengalami kerusakan karena dipaksa saat mencoba melewati tanjakan-tanjakan tersebut. Selain itu masalah yang sama hampir bagi semua team adalah karena trek yang kering, debu yang tebal beterbangan menjadi penghalang dan tantangan bagi mobil

“Kekompakan dalam team merupakan kunci utama kesuksesan dari team CBM. Peran Navigator, Mekanik serta Manajemen merupakan elemen penting dalam meraih keberhasilan”, tambah Wahyu Lamban salah satu peserta.

  1. Event Xtreme Offroad Racing

Musim Kompetisi speed offroad Indonesia (Xtreme Offroad Racing) sebentar lagi akan di gelar di trek Perumahan Citra Mitra City, Banjarbaru-Kalimantan selatan.

Dimohon seluruh insan otomotif Indonesia ikut mensukseskan gelaran bertaraf internasional ini,” komentar Hariono SBM, Wakil Ketua Umum Olah Raga Mobil PP IMI.

Kejurnas Speed Off-Road 2017 kali ini siap diselenggarakan selama 5 Seri dengan jadwal sebagai berikut: Seri 1 (11-12 Maret) – Sirkuit Citra Mitra City – Banjarbaru Kalsel,  Seri 2 (6-7  Mei) – Sirkuit Paramount Land – Serpong, Seri 3 (5-6 Agustus) – Sirkuit Tembong Jaya – Banten,  Seri 4 (7-8 Oktober) – Sirkuit Paramount Land – Serpong, Seri 5 (4- 5 November) – Makassar – Sulsel.

Itulah beberapa event yang sudah kita bahas, bagaimana menurutmu tentang event-event tadi menarik bukan?? Tunggu event Offroad selanjutnya….

Source

http://rainbow-outbound.com/jasa-layanan-outbound-lembang-bandung/Outbound-Lembang-Bandung-Offroad

http://www.fokusbatulicin.com/2017/03/meratus-expedition-2017-jalur-neraka.html

Jogja International Air Show 2017, Moment Asyik Offroad di Gumuk Pasir

KEJURNAS SUPER ADVENTURE OFF-ROAD TEAM Seri 2 | TEAM CBM, GASPOL GAYA MUDA MERAIH POSISI JUARA

Preview Kejurnas Speed Off-Road 2017: Jadwal Lima Seri  Kejurnas dan Aturan Baru Yang Wajib Disimak